Mahasiswa UIN Antasari Gelar Musabaqah Hifdzil Quran di Desa Ambakiang Kabupaten Balangan

Mahasiswa UIN Antasari Gelar Musabaqah Hifdzil Quran di Desa Ambakiang Kabupaten Balangan

MAGELANG RAYA -
Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2023, enam mahasiswa yang tergabung pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin mengadakan Musabaqoh Hifdzil Qur'an di Desa Ambakiang, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan (30/10/2023).

Mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin tersebut adalah Fikri Haekal Akbar, Muhammad Firmansyah, Rini Rahmawati, Kamilda, Siti Najwarini Azzahra dan Elsa Maylinda.

Musabaqoh Hifdzil Qur'an diadakan pada dua tempat, yakni Posko KKN UIN Antasari Banjarmasin dan Langgar Nurul Barakah dalam rangkaian kegiatan Pekan Hari Santri Nasional 2023.

Lomba tersebut telah dimulai sejak Minggu, 29 Oktober 2023 dengan peserta terdiri dari anak-anak dan remaja di lingkup Desa Ambakiang. Mereka membawakan kemampuan menghafal surah dari Juz 30 dan Surah Yasin.

Gelaran Musabaqoh Hifdzil Qur'an diikuti oleh peserta dari berbagai tingkatan pendidikan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur'an. 

Hal ini sejalan dengan gelaran kegiatan Pekan Hari Santri Nasional yang bertujuan untuk menghargai peran santri dalam melestarikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup.

Salah satu mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin, Fikri Haekal Akbar memberikan apresiasi penuh kepada peserta yang turut mengikuti lomba Musabaqoh Hifdzil Qur'an di Desa Ambakiang.

"Kami mengapresiasi penuh kepada seluruh peserta Musabaqoh Hifdzil Qur'an ini. Mereka telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam menghafal Al-Qur'an, bahkan Surah Yasin, semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi agar lebih giat menghafal al-Qur'an bagi kita semua" ujar Haekal.

Selain lomba Musabaqoh Hifdzil Qur'an, rangkaian Pekan Hari Santri Nasional 2023 yang diadakan oleh mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin di Desa Ambakiang mengadakan berbagai lomba antara lain lomba Pidato, Mewarnai, Bacaan dan Gerakan Sholat, Estafet Sarung, Estafet Air, Fashion Show Muslim, Makan Biskuit, dan Cerdas Cermat.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi Magelangraya.id menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: beritamagelangraya@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027