Sinergitas TNI-Polri Magelang Raya Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

 

Apel Bersama TNI-Polri Magelang Raya Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

MAGELANG RAYA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Kota Magelang, Jawa Tengah jalin sinergitas memastikan Kamtibmas jelang Pemilu 2024.

Sinergitas ini, juga dalam rangka memastikan keamanan dan berbagai agenda nasional maupun internasional berjalan lancar di Kota Magelang.

Sinergitas dilakukan dalam apel serentak bersama Anggota Polresta Magelang, Polres Magelang Kota dan Kodim 0705 Magelang, Yon Armed 11, dan Yon Armed 3 bersama-sama melaksanakan Apel.

Baca Juga: Siap Deklarasi Nasional, Gerakan Relawan Pandu Garuda Panaskan Mesin Menangkan Prabowo

Apel bersama ini, dipimpin oleh Kapolresta Magelang, Dandim 0705 dan Kapolres Magelang Kota dipusatkan di Alun – Alun Kota Magelang. Selasa (7/3/2023).

Pelaksanaan Apel Jam Pimpinan tersebut menandakan di wilayah Magelang Raya siap mengamanankan dan menjaga situasi kamtibmas jelang pelaksanaan pesta demokasi pemilihan umum tahun 2024 mendatang. 

Adapun pelaksanaan Apel Jam Pimpinan mengusung Tema “TNI – POLRI Jateng Hadir Siap Mendukung Agenda Nasional, dan Internasional Tahun 2023. Dan Pemilu 2024 Dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan”.

Baca Juga: Ngaji Kebangsaan, Agus Sugiyono: Bangun Kesadaran Kolektif Dorong Kemajuan Daerah

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang menyampaikan TNI-Polri harus menjalin kebersamaan sebagai tulang punggung persatuan Indonesia.

Menurut AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, TNI-Polri adalah pilar kekuatan dalam rangka mempertahankan NKRI.

“Dengan hal ini kita semua melaksanakan Apel dari awal adalah untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu stabilitas keamanan, jadi TNI dan POLRI harus bersatu” ucap AKBP Yolanda Evalyn Sebayang.

Baca Juga: Fantastis, Bulan Dana PMI Kabupaten Magelang Berhasil Himpun Dana Sosial Rp 1,2 Miliar

Hal yang sama disampaikan Kapolresta Magelang KOMBES POL Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H berpesan pelaksanaan Apel Jam Pimpinan kali ini dilaksanakan secara serentak di wilayah Polda Jawa Tengah. 

KOMBES POL Ruruh Wicaksono membeberkan bentuk jalinan sinergitas TNI-Polri di Magelang Raya kedepan  tidak hanya hari ini tentunya beberapa hari kedepan akan dilaksanakan kegiatan olahraga bersama TNI dan POLRI.

Kemudian dilanjutkan pelaksanaan Apel Jam Pimpinan Polri Se-Eks Wil Kedu kemudian puncaknya Apel Jam Pimpinan Polri tingkat Jawa Tengah yang dipusatkan di Semarang.

Sebagaimana tema dari kegiatan ini adalah bentuk kesiapan TNI dan POLRI dalam menghadapi agenda internasional dan nasional maupun pemilihan umum tahun 2024. 

Dikatakan bahwa pelaksanaan pengamanan kegiatan nasional maupun internasional sudah sering dihadapi oleh personil TNI dan POLRI, terlebih di wilayah Magelang ada salah satu keajabain dunia yaitu Borobudur.

Kapolresta Magelang memerintahkan kepada personilnya dalam pengamanan Pemilu 2024, anggota TNI dan POLRI tunjukkan kesiapan dan selalu bersinergi serta jaga netralitas.

Sementara itu, Dandim 0705 Magelang LETKOL INF Jarot Susanto menegaskan TNI dan POLRI sudah mendapat pentunjuk dari pimpinan atas untuk selalu bersineritas dalam pelaksanaan kegiatan. 

"Simbol sinergitas kita harus kita terapkan dalam pelaksanaan tugas kegiatan sehari-hari atau membantu mengatasi kesulitan rakyat maupun menjaga ketertiban rakyat," terang LETKOL INF Jarot Susanto.

Lebih jauh, LETKOL INF Jarot Susanto berharap, agenda pemilihan umum tahun 2024, TNI dan POLRI sifatnya mendukung dan menjaga netralitas dan keamanan di wilayah Magelang Raya. 

"Dengan situasi yang aman dan tertib di wilayah Magelang Raya, tentunya pada pelaksanaan pemilihan umum di tahun 2024 menjadi kondusif dan tertib," ungkap LETKOL INF Jarot Susanto.

Pada Kesempatan tersebut hadir pula Danyon Armed 3 Letkol Arm. Ida Bagus Adi P., S.T.M.Han bersama Danyon Armed 11 Letkol Arm. Gde Adhy Surya Mahendra, S.I.Pem. 

Usai pelaksaan Apel dilanjutkan foto bersama dengan seluruh pasukan. Pelaksanaan Apel Jam Pimpinan tersebut diikuti oleh 530 personel dari Kodim 0705 Magelang, Yon Armed 11, Yon Armed 3, Polresta Magelang dan Polres Magelang Kota yang di laksanakan di Alun-Alun Kota Magelang.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi Magelangraya.id menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: beritamagelangraya@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027