4 Manfaat Ikan Asin, Bisa Percepat Penyembuhan Luka

MAGELANG RAYA  - Ternyata konsumsi Ikan Asin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh namun sering dianggap remeh oleh banyak orang.

Selain rasanya yang enak, ternyata ikan asin banyak sekali manfaatnya, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, juga dapat mengakibatkan penyakit yang cukup serius, maka jangan dikonsumsi secara berlebihan agar terasa manfaatnya. 

Berikut beberapa manfaat Ikan Asin yang jarang diketahui oleh banyak orang:

  • Membantu menurunkan kolesterol jahat
  • Baik untuk kesehatan gigi dan tulang 
  • Mempercepat penyembuhan luka 
  • Menjaga kesehatan kulit 

Manfaat Ikan Asin, Bisa Percepat Penyembuhan Luka

Di Indonesia banyak orang yang menggemari ikan asin untuk dijadikan lauk makan. Ada beberapa ikan yang biasanya diolah menjadi ikan asin, seperti, ikan teri, ikan gabus, ikan tengiri, ikan terbang, ikan lesi dan ikan tongkol. Biasanya, masyarakat Indonesia menyantap ikan asin ini dengan cocolan sambal.

Proses pembuatan ikan asin yakni dengan cara diasinkan atau digarami. Kemudian dijemur selama beberapa hari agar ikan menjadi awet. Jadi ikan asin dapat bertahan lama hingga berbulan-bulan. 

Ikan olahan khas Indonesia ini memang sangat mudah didapatkan. Selain rasanya yang lezat, makanan ini juga terjangkau harganya. 

Namun sayangnya sampai saat ini masih banyak orang beranggapan bahwa ikan asin merupakan makanan masyarakat kalangan bawah. Di balik rasanya yang asin dan gurih, ternyata manfaat ikan asin bagi kesehatan tidak bisa diremehkan.Berikut beberapa manfaatnya. 

Membantu menurunkan kolesterol jahat

Ikan asin mengandung omega-3 yang cukup tinggi. Selain itu, makanan laut ini juga kaya kandungan kolesterol baik. Ikan asin membantu mencegah penyakit jantung dan berbagai permasalahan jantung lainnya. Kandungan omega3 yang terdapat pada ikan asin dapat mengurangi kolesterol jahat pada tubuh kita. 

Baik untuk kesehatan gigi dan tulang 

Kandungan kalsium dan fosfor dalam ikan asin menjadi salah satu nutrisi yang paling tinggi pada ikan asin. Ikan asin memiliki kandungan kalsium dan fosfor tinggi, sehingga baik untuk kesehatan gigi dan tulang. 

Mempercepat penyembuhan luka 

Tidak hanya baik untuk kesehatan gigi dan tulang, ikan asin juga memiliki manfaat dalam membantu mempercepat penyembuhan luka pada tubuh kamu. 

Dikarenakan ikan asin mengandung zat besi yang dapat mempercepat penyembuhan luka .Ikan asin memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gram ikan asin. Namun, manfaat ini tidak berlaku bagi orang yang memiliki penyakit hemofilia. 

Menjaga kesehatan kulit 

Ikan asin juga dapat menjaga kulit tetap sehat. Hal ini berkaitan dengan kandungan mineral pada ikan asin yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Beberapa jenis kandungan ikan asin yang baik untuk manfaat kesehatan kulit seperti, vitamin E , selenium, omega3 dan asam lemak esensial. 

Selain itu, kamu juga dapat terlindungi dari paparan sinar ultraviolet dengan mengonsumsi ikan asin. Bahkan dapat mengurangi, dan mencegah terjadinya kanker kulit yang disebabkan oleh radiasi UV.

Itulah beberapa manfaat dari ikan asin, bahkan bisa menjaga kesehatan kulit juga lohseperti skincare, jadi jangan malu untuk mengkonsumsi ikan asin karna harganya murah, walaupun harganya murah tetapi kaya akan manfaatnya.

Penulis: Siti Nurhalisah


Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi Magelangraya.id menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: beritamagelangraya@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027