Potret Bung Deden Cicit Tokoh PNI Jateng Ikut Kawal Pendaftaran Ganjar-Mahfud ke KPU

Potret Bung Deden Cicit Tokoh PNI Jateng Ikut Kawal Pendaftaran Ganjar-Mahfud ke KPU

MAGELANG RAYA
  - Calon Presiden dari Koalisi Partai PDI Perjuangan, Perindo, Hanura, dan PPP yakni Ganjar Pranowo yang baru saja mengumumkan Cawapresnya Prof. Mahfud MD pada tanggal  18 Oktober 2023 selang sehari berikutnya langsung mendaftarkan diri ke KPU RI sebagai pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden.

Pasangan Capres dan Cawapres dari koalisi tersebut dihadiri oleh ribuan simpatisan partai politik, relawan, dan juga beberapa tokoh politik dan ketua umum partai politik koalisi pengusung. 

Para ketua umum pengusung mengenakan BUS khusus, sementara pasangan Ganjar-Mahfud menggunakan mobil pick up dan tampak di dampingi oleh Puan Maharani yang merupakan Ketua DPRRI dari PDI Perjuangan.

Serta Arsyad Rasyid, ketua tim pemenangan nasional Ganjar-Mahfud. Sementara masa dan relawan mengawal pendaftaran tersebut ke KPU RI.

"Ada yang menarik dalam  pendaftaran Capres kali ini, yakni banyak generasi z yang ikut serta mengantar Ganjar-Mahfud ke KPU RI, salah satunya Bung Deden, beliau cicit dari salah satu Tokoh PNI di Jawa Tengah", kata Danang, Di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Kehadiran Bung Deden Gautama yang merupakan cicit dari Tokoh PNI Jawa Tengah bernama Raden Saliman.

Diketahui bahwa Raden Saliman merupakan seorang Wedono di Parakan Temanggung dan seorang tokoh Pergerakan PNI era Presiden Soekarno. 

Potret Bung Deden yang hadir dan mengawal Pendaftaran Ganjar-Mahfud ke KPU, cukup menarik, karena Gen Z turut aktif dalam politik yang sifatnya praktis. Ia memiliki nama lengkap Deden Abdul Kohar Yusuf Gautama, dilahirkan di Kebumen 20 September 2001. Ia baru saja lulus dari Ilmu Politik, FISIP Unsoed.

Saat mahasiswa ia sangat aktif berorganisasi, dan kegiatan sosial, diantaranya sebagai berikut:

1. Kader GMNI DPK Fisip Unsoed

2. Koordinator Unsoed Mengajar

3. Kepala Departemen Kastrat di Badan Keluarga Mahasiswa Kebumen (Organisasi Mahasiswa Daerah yang menaungi mahasiswa Kebumen di seluruh Indonesia)

4. Kepala Departemen Pendidikan HMK Unsoed

5. Litbang di UKM Riset Rhizome FISIP Unsoed

6. BEM Unsoed

7. Koordinator Program FGMMI Jateng-DIY

Selain aktif dalam organisasi ia juga sering mengisi seminar seperti campus festival bersama Mantan Rektor UGM Prof. Panut Mulyono. 

Berdasarkan informasi, saat ini ia mengajar les bahasa Inggris secara gratis di wilayah pesisir Buluspesantren Kabupaten Kebumen yang bertempat di Ndalem Kasugengan.

"Beliau super aktif di kegiatan politik nasional atau lokal, bisa dilihat sejak mahasiswa saja aktif di banyak kegiatan, selain aktif beliau orang yang smart, bahkan beberapa temannya memanggilnya Prof...., beberapa Bung, ya intinya banyak julukan buat beliau", Ujar Danang.

Selain itu, secara akademik dan intelektual Bung Deden merupakan Mahasiswa Berprestasi di Jurusannya dan menjadi Finalis Mahasiswa Berprestasi di Fakultas FISIP Unsoed.

Sejumlah prestasi yang diraih diantaranya:

1. Mahasiswa Berprestasi

2. Juara 2 Essay Nasional diselenggarakan Fisip Unpad

3. Milenial Youth Exchange Singapore, diselenggarakan Ruang Beasiswa

4. Juara 1,  Kehormatan Bidang Budaya, OVOS diselenggarakan oleh YDPDKI, Kemendes PDTT, Kemenparekraf

5. Juara Pidato Bung Karno

6. Juara Favourite Essay Marhaen

7. Juara 2 Pekan Seni bidang sastra tulis puisi di Fakultas

8. Juara 1 Pekan Seni Universitas bidang sastra tulis puisi

9. Juara 3 Lomba Kombatt Debat FISIP Unsoed

"Beliau prigel dan sering menang saat lomba, banyak sekali menang, bahkan sering masuk media, memang beliau  gigih dan tekun", tambah Danang.

Disamping itu ia turut berkontribusi secara pemikiran melalui tulisannya:

1. Santri dan Politik terbit di Solopos

2. Karakter Pilbup Kebumen 2020 di Satelit Post

3. Analysis Urgensi Implementasi Bansos Covid-19 di Majalah Dialektika Unpad

Dengan pengalaman intelektual dan organisatoris, Bung Deden berangkat ke Jakarta mengantar Pendaftaran Ganjar-Mahfud turut menjadi sorotan di kancah lokal, pasalnya ia mulai aktif seperti pendahulunya dulu yang merupakan tokoh PNI.


(***)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi Magelangraya.id menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: beritamagelangraya@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027